RSS
Post Icon

“Jam Atom”


Apakah jam yang paling tepat di dunia???

Jam atomlah jawabannya. Jam atom digunakan unutk menentukan satuan waktu dalam satuan Sistem Internasional, yaitu sekon. Mengapa demikian?

Orang yang pertama kali menemukan dan mengembangkan pengukuran dengan jam atom ini adalah Norman F. Ramsay, Jr. penelitiannya tentang metode pemisahan medan osilasi untuk mengukur perbedaan antara dua tingkat energy atom mendasari pengembangan jam atom cesium. Jam atom cesium mengukur waktu dengan memakai frekuensi radiasi yang dipancarkannya ketika pindah dari satu tingkat energy ke tingkat yang lain. Frekuensi radiasi ini tidak dipengaruhi oleh energy-energi  dari luar sehingga dapat digunakan sebagai standar untuk menentukan selang waktu.


Jam atom caseum merupakan jam yang paling tepat dengan kesalahan hanya satu sekon dalam waktu sejuta tahun. Pengembangan jam atom ini telah mendasari metode-metode pengukuran lain. Sekarang, para ahli astronomi menggunakannya untuk mengukur rotasi bumi, yang bervariasi dari 4 sampai 5 mili sekon perhari. Sedangkan, satelit navigasi memakainya untuk membantu system perhitungan jarak suatu tempat pada Global Positoning System. Pihak NASA ( Nation Aeronautics and Space Administration) Amerika memanfaatkan jam atom untuk mengukur waktu transmisi ke satelit-satelit ruang angkasa.

Pada Agustus 2004, ilmuwan NIST mempertunjukkan sebuah jam atom skala-chip. Menurut para periset, jam ini seukuran seperseratus dari jam lainnya yang telah ada sebelumnya. Dan mereka menyatakan bahwa jam ini hanya memerlukan 75 milliwatt, membuatnya cocok untuk aplikasi yang menggunakan baterai.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar